dc.description.abstract | ABSTRAK
Erna Wahyuni. 2021.”Pengaruh Penggunaan Platform Whatsapp dan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Bangun III”, Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir M.SI dan Saipul Hadi M.Pd.I
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi sekarang ini dimana adanya virus corona yang semakin hari semakin meningkat, sehingga kementrian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran terkait adanya perubahan dalam pembelajaran yang awalnya tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring, agar dapat meminimalisir penyebaran covid-19. Oleh sebab itu untuk keberlangsungan pembelajaran daring pastinya didukung oleh media atau alat yang dipercaya dapat membantu proses pembelajaran berlangsung, salah satunya dengan memanfaatkan media platform whatsapp dan google classroom. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform whatsapp terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform google classroom terhadap hasil belajar di SMA Negeri 2 Kota Bangun III. 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform whatsapp dan google classroom terhadap hasil belajar secara bersama-sama
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi 110 siswa dengan sampel sebanyak 52 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji Koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh penggunaan platform whatsap terhadap hasil belajar di SMA Negeri 2 Kota Bangun III, dengan nilai thitung <ttabel (-0,028<1,675) dengan taraf signifikan 0,977>0,05. 2). Tidak ada pengaruh penggunaa platform google classroom terhadap hasil belajar di SMA Negeri 2 Kota Bangun III dilihat dari nilai thitung<ttabel (-1,643<1,675) atau sig>0,05 (0,107>0,05). 3). Tidak ada pengaruh penggunaan platform whatsapp dan google classroom terhadap hasil belajar secara bersamaan dilihat dari uji F yaitu diperoleh nilai Fhitung<Ftabel (1,972<3,18). Kemudian dilihat uji koefisien determinasi diperoleh nilai R squer sebesar 0,074 atau 0,55% dan 99,45% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Jika dilihat pada tabel interpretasi nilai r berada pada kategori 0,00-0,199 (sangat lemah). Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh penggunaan whatsapp dan google classroom terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 2 Kota Bangun III. | en_US |