dc.description.abstract | ABSTRAK
Raudlatun Na’imah, “Implementasi Mata Pelajaran Ke-Aswaja-an dalam Pendidikan Karakter di MI Ma’arif NU 003 Samarinda”. 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad idris Samarinda. Penelitian ini di Bimbing oleh Bapak Dr. Suratman, M. Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Abdul Basith,M. Pd. Selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah adanya mata pelajaran khusus yang tidak ada pada sekolah-sekolah islam yang lain selain madrasah yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU), yaitu Mata pelajaran Aswaja yang ditanamkan pada bapak/ibu guru beserta siswa guna sebagai salah satu doktrin ajaran islam Ahlussunnah Wal Jama’ah. dengan adanya mata pelajaran ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Implementasi Mata pelajaran keAswaja-an dalam pendidikan karakter siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan ada empat tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di MI Ma’arif NU 003 Samarinda dengan informan yaitu kepala madrasah, guru bidang studi Ke-Aswaja-an, dan siswa/siswi MI Ma’arif Nu 003 Samarinda.
Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwasannya MI Ma’arif NU 003 Samarinda mengimplementasikan nilai-nilai aswaja dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah melalui pembiasaan-pembiasaan yang membentuk akhlaq peserta didik menjadi pribadi yang memiliki karakter baik. Nilai aswaja yang dijadikan acuan penelitian adalah nilai Tawasuth, Tasamuh, Tawazun, dan Ta’adul. Keempat nilai tersebut merupakan acuan utama dalam melihat penerapan dan pengamalan pada karakter peserta didik di MI Ma’arif NU 003 Samarinda. | en_US |