Show simple item record

dc.contributor.authorJunaidi, Ahmad
dc.date.accessioned2022-06-09T02:25:20Z
dc.date.available2022-06-09T02:25:20Z
dc.date.issued2021-11-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1372
dc.description.abstractABSTRAK Ahmad Junaidi, 2021. “Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 7 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Falkultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag dan Abdul Razak, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh merebaknya penyebaran virus covid-19 yang berdampak kepada kegiatan belajar mengajar menjadi daring atau online. SMA Negeri 7 Samarinda salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online, sehingga berubahnya suasana dan lingkungan belajar siswa maka akan berdampak kepada motivasi belajar siswa di SMA Negeri 7 Samarinda. Hadirnya sistem pembelajaran secara daring ini akankah memberikan dampak yang positif terhadap motivasi belajar siswa atau sebaliknya khususnya pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui adakah hubungan antara pembelajaran daring/online terhadap motivasi belajar siswa di sekolah SMA Negeri 7 Samarinda Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif disebut sebagai metode potivispik karena berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi. Populasi penelitian ini adalah siswaa kelas X dan XI di SMA Negeri 7 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, yaitu dengan Reliabilitas variabel x cronback alpha> r table, variabel y cronback alpha > r table Untuk analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Data penelitian kuantitatif berupa angka-angka statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih kecil dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan kata lain 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 =0,143 < 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,660 pelaksanaan pembelajaran daring/online terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda. Oleh karena itu yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan. Dengan kesimpulan Ho diterima dan Ha ditolaken_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectHubungan, Pelaksanaan, Pembelajaran Online, Motivasi Belajaren_US
dc.titleHubungan Pelaksanaan Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 7 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record