Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Learning Madrasah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Rachma Tika Sarita, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Learning Madrasah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Balikpapan”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani,M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rega Armella,M.Pd.
E-Learning Madrasah merupakan aplikasi yang dirilis oleh Kementerian Agama cara menggunakan pembelajaran online selama pandemic pada saat ini agar proses belajar mengajar tetap terlaksana dimasa pandemic covid-19 yang dimana pada saat ini dan disituasi ini mengharuskan semua elemen masyarakat baik pekerja maupun pelajar untuk berkegiatan atau belajarmengajar dilakukan secara daring maka untuk mengatasi hal tersebut diterapkan e-learning Madrasah sebagai media pembelajaran jarak jauh bagi siswa. Pembelajaran berbasis digital yang dibuat untuk sekolah berbasiskan website yang dimana semua siswa dan guru dapat mengaksesnya melalui handphone atau laptop.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aplikasi e-learning Madrasah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Balikpapan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX di MTs Negeri 2 Balikpapan yang berjumlah 205 siswa dan menentukan sampel peneliti menggunakan teknik ini quota sampling yang berjumlah 67 orang pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi adapun teknik analisis data menggunakan Uji Korelasi Product Moment, Uji t, dan Uji Koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data,diketahui bahwa penggunaan aplikasi e-learning Madrasah mendukung untuk berlangsungnya pembelajaran yaitu frekuensi terbanyak kategori sangat setuju yakni 92,53% sedangkan untuk minat belajar siswa ketika pembelajaran fiqih menggunakan aplikasi e-learning Madrasah siswa merasa senang yaitu frekuensi terbanyak kategori sangat setuju yakni 85,07%. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan hasil uji korelasi 0,643 berdasarkan table interpretasi pada rentang 0,600-0,799 bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y dalam kategori “kuat”. Hasil koefisien determinasi sebesar 41,38% ditentukan oleh sisa 58,62% dengan variabel lain dan pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji-t, namun diperoleh hasil thitung = menjadi 6,768 dan d ttabel = 1,668 jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak dan sebaliknya jika thitung < ttabel maka yang terjadi adalah sebaliknya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan aplikasi e-learning Madrasah terhadap minat belajar siswa adalah 41,38% sedangkan 58,62% dipengaruhi oleh variabel lain.