dc.description.abstract | ABSTRAK
Inda Khairun Nisa, 2022. “Penguatan Program Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar (SD) Negeri Tanambuah”.Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda).Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag dan Fathur Rahman, S.Si M.Si.
Keberadaaan program baca tulis Al-Qur’an ini menjadi salah satu ikon khusus bagi sekolah tersebut dan merupakan usaha untuk meningkatkan serta menghasilkan peserta didik yang pandai membaca dan menulis AlQur’an.Penguatan program baca tulis Al-Qur’an di SD Tanambuah dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan peserta didik yang pandai membaca dan menulis Al-Qur’an. Dari landasan tersebut maka penulis mengangkat permasalahan bagaimana penguatan program baca tulis Al-Qur’an di SDN Tanambuah dan apa saja faktor pendukung, penghambat beserta solusinya.
Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian Penguatan Program Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar (SD) Negeri Tanambuah yaitu berupa bentuk perencanaannya adalah mengadakan program harian, program mingguan dan program tahunan berupa baca tulis Al-Qur’an di luar jam sekolah, pemberian rewards dan pujian, tampil di acara-acara besar islam, konseling ke peserta didik. Adapun proses pelaksanaannya yaitu membuat program baca tulis Al-Qur’an di TPA, menargetkan peserta didik dalam menyelesaikan bacaan Al-Qur’an dan hafalan, membuatkan jadwal untuk tampil di depan umum pada acara maulid dan pada bulan suci ramadhan, menjadwalkan kunjungan kerumah peserta didik yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Adapun hasil dan evaluasinya yaitu peserta didik sudah pandai membaca Al-Qur’an, menjadi lebih semangat dalam membaca Al-Qur’an, lebih berani tampil di depan umum, dan juga lebih rajin. Adapun faktor pendukungnya yaitu motivasi dari kepala sekolah dan penyampaian materi yang baik dari guru, bantuan dari orangtua peserta didik, warga desa setempat, dan yayasan pesantren.Adapun faktor penghambatnya yaitu fasilitas yang kurang memadai dan kurangnya dorongan dari orangtua peserta didik. Adapun solusinya yaitu kepala sekolah berusaha untuk memfasilitasi seadanya,lebih dekat dan lebih memperhatikan peserta didik. | en_US |