Hubungan Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Mata Pelajaran SKI di MAN 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Adinda Syahnuria Adha, 2022. “Hubungan Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MIPA pada Mata Pelajaran SKI di MAN 2 Samarinda, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Neger Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd selaku pembimbing II.
Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran SKI telah mengikuti perkembangan teknologi, sehingga siswa antusias dan dapat termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dengan giat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas X MIPA pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 177. Kemudian peneliti menentukan sampel penelitian dengan menggunakan proposional stratified sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji hipotesis dan koefisien determinan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang cukup signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan motivasi belajar siswa kelas X MIPA pada mata pelajaran SKI di MAN 2 Samarinda. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi yaitu r = 0,433 yang diuji dengan menggunakan SPSS versi 20. Serta diperoleh pula nilai koefisien determinan ( R Square) yaitu sebesar 0,188. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan media pembelajaran memiliki kontribusi pengaruh sebesar 18,8% terhadap motivasi belajar siswa dan sisanya 81,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini terbukti atau Ha dalam penelitian ini dapat diterima.