Show simple item record

dc.contributor.authorEkawati, Aryani
dc.date.accessioned2022-06-09T05:51:10Z
dc.date.available2022-06-09T05:51:10Z
dc.date.issued2022-03-24
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1380
dc.description.abstractABSTRAK Aryani Ekawati, “Partisipasi Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19 dalam Memotivasi Belajar Siswa di SDN 021 Tanjung Selor”, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda,. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah, S.Psi, M.Si dan Ibu Sunanik, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran daring selama pandemi covid19. Partisipasi orang tua selama masa pandemi covid-19 ini sangat dibutuhkan dalam memotivasi belajar siswa di rumah. Motivasi belajar siswa dapat terangsang jika orang tua dapat berpartisipasi dengan memberikan rangsangan atau motivasi yang tinggi pada siswa. Selama masa pandemi motivasi belajar anak agak menurun karena orang tua merasa pembelajaran online ini kurang maksimal anak lebih senang ketika belajar dengan teman-temannya dan biasanya lebih mendengarkan kata-kata guru daripada orangtuanya. Banyak orang tua yang merasa kesulitan selama masa pandemi ini karena harus menjadi guru pengganti untuk anak dengan latar belakang pendidikan orang tua yang sebagian besar bukan sarjana sehingga menyulitkan orang tua untuk mengajari anak belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19 dalam memotivasi belajar siswa di SDN 021 Tanjung Selor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini sumber data primer yaitu orang tua dan siswa sedangkan sumber data sekunder yaitu data-data yang telah ada di SDN 021 Tanjung Selor. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap data hasil penelitian dengan kredibilitas dan menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisa data yang digunakan ada empat tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa partisipasi orang tua di masa pandemi covid-19 dalam memotivasi belajar siswa di SDN 021 Tanjung Selor meliputi 1) partisipasi orang tua, partisipasi orang tua dalam memotivasi belajar anak yaitu selama proses pembelajaran para orang tua berusaha selalu meningkatkan motivasi belajar anak dengan cara menyediakan fasilitas belajar anak, mengawasi waktu belajar anak, membantu kesulitan belajar anak dan memberikan motivasi. 2) faktor pendukung dan penghambat antara lain: a) faktor pendukung partisipasi orang tua dalam memotivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 adalah dengan pemberian stimulus berupa reward serta perhatian dari orang tua, b) faktor penghambat partisipasi orang tua yaitu latar belakang pendidikan orang tua dan kondisi anak.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPartisipasi, Orang Tua, Pandemi Covid-19, Memotivasi Belajaren_US
dc.titlePartisipasi Orang Tua di Masa Pandemi Covid-19 dalam Memotivasi Belajar Siswa di SDN 021 Tanjung Seloren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record