Show simple item record

dc.contributor.authorIndarti, Alif Wahyu
dc.date.accessioned2022-06-09T06:16:32Z
dc.date.available2022-06-09T06:16:32Z
dc.date.issued2022-04-26
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1382
dc.description.abstractABSTRAK Alif Wahyu Indarti, 2022. “Sinergisitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang Tua dalam Penanaman Akhlak siswa SMP Negeri 8 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian di bimbing Oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI selaku pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd selaku Pembimbing II. SMPN 8 Samarinda merupakan salah satu sekolah yang sudah lama berdiri dan cukup dikenal oleh masyarakat banyak di kawasan Samarinda Sebrang. Ada 38 kelas dan 1.265 siswa, dari angka tersebut bisa membuktikan bahwa SMPN 8 Samarinda merupakan sekolah yang cukup besar. Kemudian, melalui pra observasi dapat dilihat dari sekian ribu siswa ditemukan ada beberapa peserta didik di SMPN 8 Samarinda yang memiliki akhlak dalam bertutur kata yang kurang baik. Hal ini juga didukung oleh beberapa perkataan masyarakat yang tinggal di sekitar SMPN 8 Samarinda, mereka berkata hal yang serupa dengan pra observasi yang dilakukan oleh peneliti. Diketahui bahwa faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan akhlak yang baik ialah orang tua, guru dan peserta didik itu sendiri. Melalui hal tersebut, peneliti ingin menggali lebih dalam terkait sinergisitas antar orang tua dengan guru, terkhusus guru Pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana sinergisitas yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang tua dalam penanaman akhlak siswa SMPN 8 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian jenis kualitatif yaitu menjabarkan hasil penelitian dalam bentuk kalimat atau narasi. Penelitian ini merupakan pendekatan Fenomologi dimana peneliti menggali informasi terhadap pengalaman subyek. Sumber data dalam penelitian ini ialah Guru PAI SMP Negeri 8 Samarinda 2 orang dan perwakilan orang tua siswa kelas 7 8 9 SMP Negeri 8 Samarinda. Pengumpulan data penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, sajian data dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dari penelitian ini Sinergisitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang tua dalam penanaman akhlak siswa SMP Negeri 8 Samarinda adalah: 1) Pertemuan Guru PAI dengan orang tua 2) Kegiatan surat menyurat berupa surat panggilan 3)program yang diberikan guru PAI dan di pantau Orang tua; 4) Perhimpunan orang tua yaitu komite sekolah. Berdasar sinergisitas guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang tua membawa perubahan yang signifikan pada peserta didik yakni menjadi lebih baik seperti bertutur kata, bertanggung jawab, sopan santun, menghargai orang lain dan bersikap adilen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectSinergisitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Orang Tua, Penanaman Akhlaken_US
dc.titleSinergisitas Guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang Tua dalam Penanaman Akhlak siswa SMP Negeri 8 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record