Show simple item record

dc.contributor.authorHidayati, Novia Indri
dc.date.accessioned2022-06-10T02:26:42Z
dc.date.available2022-06-10T02:26:42Z
dc.date.issued2022-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1384
dc.description.abstractABSTRAK Novia Indri Hidayati, 2022. Penerapan Metode Tabarak dalam Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah, M.Si dan Sunanik, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya lembaga yang sangat memperhatikan bagi para penghafal quran. Lembaga yang telah menyediakan program khusus tahfidz yang berusia balita yang notabene belum bisa membaca Qur‟an. Pada umumnya kegiatan menghafal Alquran hanya dilakukan pada anak yang sudah bisa membaca atau orang dewasa. Sedangkan di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong menerima anak usia dini untuk menghafal Alquran. Salah satu keberhasilan anak-anak dalam menghafal Alquran yaitu adanya metode. Mengingat pentingnya suatu metode dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan serta disesuaikan dengan kemampuan anak maka dipilihlah metode tabarak dalam kegiatan hafalan Alquran pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tabarak dalam menghafal Alquran pada ana usia dini di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode tabarak di Rutaba Hafidzah Qur‟ani Tenggarong. Penelitian ini menggunakan metode kualiatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan, faktor pendukung dan penghambat metode tabarak dalam menghafal Alquran pada anak usia dini di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari dua, yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kepala sekolah, dan pengajar. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi, laporan, serta data yang relevan. Datadianalisis menggunakan langkah kerja Miles dan Huberman yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penerapan metode tabarak dalam menghafal Alquran pada anak usia dini di Rutaba Hafidzah Qur‟ani Tenggarong meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, factor pendukung dan penghambat. a) penerapan metode tabarak di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong, meliputi; perencanaan dasar pemilihan metode tabarak dan persiapan penerapan penerapan metode tabarak (kegiatan hafalan, target hafalan, dan materi pembelajaran). Pelaksanaan melalui sistem level dan pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan menghafal di dalam kelas diawali dengan membaca doa, meminum air zam-zam dan makan kismis atau kurma, murajaah, menambah hafalan, mengaji, kemudian evaluasi dilakukan secara setoran hafalan (setelah mengaji) serta ujian yang dilakukan pada bulan desember. b) factor pendukung meliput sarana-prasarana, fasilitator, orang tua yang aktif dan reward, adapun faktor penghambat meliputi orang tua yang pasif dan keadaan santri.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Tabarak,Menghafal Alquranen_US
dc.titlePenerapan Metode Tabarak dalam Mneghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Rutaba Hafidzah Qurani Tenggarong.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record