The Effectiveness of Small Group Discussion (SGD) To Student’s Reading Comprehension At SMPN 34 Samarinda in Academic Year 2018/2019
Abstract
SaidahJunu,The Effectiveness of Small Group Discussion (SGD) to Student’s Reading Comprehension at SMPN 34 Samarinda in Academic Year 2018/2019. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan. Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Di bawah bimbinganIbuDra. SittiHadijah, M.Pdsebagai pembimbing pertama, dan IbuWidyaNoviana Noor, M.Pdsebagai Pembimbing kedua.
TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektifitasmenggunakanKelompok Kecil Diskusiterhadappencapaiansiswadalampemahamanmembacadikelasdua SMP Negeri 34 Samarinda. Membacaadalahkegiatanaktifdantidakaktifuntukmembentuk mental dan vocal mencobauntukmengertiisi yang dibaca.Untukmengetahuipencapaian, pemahamankemampuanmembacasangatdiperlukan.Pemecahanmasalah yang digunakanpenelitinadalahDiskusiKelompok Kecil.
Penelitianinidilakukandenganmetodekuantitatifdengandesainkuasi-ekperimental.Populasidalampenelitianiniberjumlah 211 orang siswadari total 7 kelas.Sampeldiperolehdenganmenggunakan purposive sampling yang menghasilkanduakelasdenganjumlah 30 dan 31 dalamtiapkelas.Keduakelastersebutkemudianditempatkansecaraacakkedalamkelaseksperimentaldan control.Penelitianinidilakukandenganmelaksanakanprosedurpemberian pre-test dan post-test.Pre-test diberikanuntukmelihatkemampuandasarsiswadalammembacasebelumpenerapanmetodeKelompok Kecil Diskusidilakukan. Post-test akanmengukurefektifitaspenerapanKelompok Kecil Diskusi. T-test digunakanuntukmenghitung data danmengujihipotesis.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilperhitungan post-test kelaseksperimensetelahmenggunakanDiskusiKelompok Kecil adalahsebesar 93,66 dankelas control yang tidakmenggunakanDiskusiKelompok Kecil adalah 80,96, berdasarkan t-observation > t-table (4,70 > 2,00) yang berartibahwaHipotesi Null (Ho) ditolakdanHipotesisAlternatif (Ha) diterima. Olehkarnaitu, dapatdisimpulkanbahwaDiskusiKelompok Kecil efektifdalampengajaranmembacaseperti yang ditunjukkanoleh t0 4,70 yang lebihtinggidari t-table 2,00. Hal inimenunjukkanbahwaefektifitasDiskusiKelompok Kecil adalahsignifikandalampengajaranmembacadandapatdigunakanolehpara guru di SMPN 34 Samarinda.