Upaya Guru Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Kelompok B Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Daarul Quran Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Mariyam. 2019. “Upaya Guru Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif (Studi Kasus Dengan Pengenalan Angka 1-20) Kelompok B Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Daarul Quran Samarinda”. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Drs. Ahmad Riyadi, S.S, M.Hum sebagai pembimbing I dan Siti Nor Asiah M.Pd sebagia pembimbing II.
Latar belakang masalah ini adalah kurangnya upaya guru dalam menstimulasi kognitif anak, maka peneliti melakukan studi kasus untuk mengamati upaya yang guru lakukan untuk menstimulasi kognitif anak di PAUD Daarul Quran Samarinda. Menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana upaya guru dalam menstimulasi perkembangn kognitif dengan studi kasus pengenalan angka 1-20 di PAUD Daarul Quran Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah upaya dalam menstimulasi perkembangan kognitif dengan studi kasus pengenalan angka di PAUD Daarul Quran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan anak didik di kelompok B tahun pembelajaran 2019. Metode ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa upaya di PAUD Daarul Quran dapat terlihat saat anak menghitung banyak jari-jari tangan kemudian mewarnai, melihat kesekitar lingkungan kelas maupun luar kelas dan menyebutkan nama benda, warna serta jumlahnya hal ini dapat membantu dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak dan terlihat dari sikap anak yang merasa senang dan gembira selama pelaksanaan kegiatan.