Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Percobaan Kapilarisasi Air pada Kelompok B Kelas Umar Bin Abdul Azis TK Islam Al Muhajirin Bengkuring
Abstract
ABSTRAK
Sumawati, 2019. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Percobaan Kapilarisasi Air pada Kelompok B kelas Umar Bin Abdul Azis TK Islam Al Muhajirin Bengkuring”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Dra.Hj. Ananiah M, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Nurwati, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan kognitif anak dalam hal mengingat suatu kejadian, mengklasifikasi, mengomunikasikan dan melakukan percobaan. Hal ini disebabkan kurangnya metode dalam menyampaikan pembelajaran.Salah satu metode yang dapat digunakan melalui metode percobaan atau sering disebut metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada kelompok B Kelas Umar Bin Abdul Azis Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari pengumpulan instrumen melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data pada empat aspek yaitu kemampuan mengingat kejadian, mengklasifikasi, mengomunikasikan dan melakukan percobaan Dengan kategori penilaian menggunakan skor 1 Belum Berkembang (BB), skor 2 Mulai Berkembang (MB), skor 3 Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan skor 4 Berkembang Sangat Baik (BSB). Hasil pengamatan dari 13 anak awal pra tindakan, ada 11% anak yang baik kemampuan kognifnya sesuai empat aspek yaitu, kemampuan mengingat, kemampuan mengklasifikasi, kemampuan mengomunikasikan dan kemampuan melakukan percobaan dengan kategori kurang atau Belum Berkembang (BB), setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami perubahan yaitu 27% dengan kategori cukup atau Mulai Berkembang (MB), setelah dilanjutkan siklus II semakin meningkat sebesar 62,4% dengan kategori baik atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Dan dilanjutkan lagi ke siklus III dengan memperoleh nilai ketuntasan sebesar 84,6% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui percobaan kapilarisasi air dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini pada kelompok B Kelas Umar Bin Abdul Azis.
Kata kunci: percobaan kapilarisasi, kognitif.