View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan pada Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Thumbnail
View/Open
Budi Firmanto Sakiman.docx (17.60Kb)
Date
2022-04-25
Author
Sakiman, Budi Firmanto
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Budi Firmanto Sakiman, 2022. “Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an terhadap Perilaku Keagamaan pada Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Drs. Ahmad Riyadi, S.S., M.Hum dan ibu Rumainur, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perspektif mahasiswa prodi PAI, dimana mahasiswa prodi PAI merupakan calon pendidik yang harus memiliki perilaku keagamaan yang baik, karena pendidik merupakan seorang figur yang akan ditiru perilakunya. Melihat arus perkembangan zaman modern yang begitu cepat dimana pasti ada dampak positif dan negatifnya, maka calon pendidik inilah yang dijadikan sebagai pahlawan untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya perilaku melenceng yang disebabkan oleh dampak negatif dari perkembangan zaman tersebut. Calon pendidik dipersiapkan untuk tetap memiliki perilaku keagamaan yang baik ditengah gempuran perkembangan zaman. Salah satu yang dapat mengontrol kesadaran perilaku seseorang ialah Al-Qur’an. Semakin tinggi intensitas membaca Al-Qur’an maka diharapkan akan semakin baik pula perilaku keagamaannya. Membaca Al Qur’an secara intens diharapkan dapat mendorong prilaku keagamaan mahasiswa menjadi lebih baik, bahkan mencegahnya dari pergaulan yang kurang baik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui besarnya pengaruh intensitas membaca AlQur'an terhadap perilaku keagamaan pada Mahasiswa Kelas Khusus Internasional (KKI) UINSI Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kuntitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 58 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling. Data dikumpulkan menggnakan kuesioner dengan skala likert dan menggunakan data pendukung melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji hipoteisis koefisien korelasi (r) dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh antara intensitas membaca Al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan pada Mahasiswa Kelas Khusus Internasional UINSI Samarinda. Hal tersebut diperoleh dari dari hasil uji hipotesis didapatkan hasil bahwa thitung 3,854 > ttabel 1,672, itu artinya Ha diteriman dan H0 ditolak, kemudian melalui uji korelasi dengan hasil nilai pearson correlation sebesar 0,458 yang berarti bahwa hubungan antara variabel X dan Y berada pada kategori sedang/ cukup. Kemudian dilakukan uji regresi linear sederhana, dimana didapatkan nilai Fhitung > Ftabel yakni, 14,854 > 4,01 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga dapat digunakan untuk memprediksi bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Kemudian didukung nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,210. Jadi dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap perilaku keagamaan pada mahasiswa KKI UINSI Samarinda sebesar 21,0%. sedangkan sisanya 79% perilaku keagamaan dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan keluarga, lingkungan institusional, lingkungan masyarakat, serta pengalaman beragama.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1441
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [974]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV