dc.description.abstract | ABSTRAK
Wahyu Retno Marlangen, 2022. “Gaya Belajar Aktif Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 16 Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd dan Ibu Widya Noviana Noor, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan sebagai pembawa warna untuk kehidupan masyarakat dan memiliki suatu fungsi yang beragam tidak hanya hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi berfungsi mencerdaskan diri melalui generasi muda. Dalam dunia pendidikan disebut generasi muda adalah peserta didik, peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda pada setiap individu termasuk juga pada peserta didik yang selalu aktif di kelas memiliki gaya belajar yang berbeda. Observasi yang dilakukan peneliti menemukan beberapa kelas yang mempelihatkan keaktifan peserta didik khususnya dalam mata pelajaran PAI, dikatakan aktif peserta didik dapat menjawab pertanyaan yang di berikan guru, selalu mengumpulkan tugas dengan tepat waktu dan berani memberikan penambahan jika guru kurang dalam menjelaskan pada proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk melihat atau mengetahui gaya belajar aktif peserta didik dalam mata pelajaran PAI dan faktor pendukung dan penghambat gaya belajar aktif pada peserta didik dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 16 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara guru dan beberapa peserta didik yang aktif dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 16 serta observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data kondesasi data, penyajian data penarikan kesimpulan dan keabsahan data.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa gaya belajar peserta didik yang aktif dalam mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 16 memiliki gaya yang berbeda-beda berdasarkan dari hasil wawancara kepada beberapa peserta didik bawasannya mereka menggunakan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial serta menggunakan gaya belajar kinestetik untuk di terapkan dalam proses belajar peserta didik. Faktor pendukung dalam gaya belajar adalah adanya semangat atau kondisi fisik yang baik, sarana dan prasarana yang memadai serta dorongan dari orang tua sehingga menimbulkan minat untuk belajar, dan penghambat peserta didik yaitu kondisi lingkungan bising atau kurang kondusif, tempat dan sarana kurang memadai serta sebagian orang tua yang kurang perhatian sehingga menghambat peserta didik dalam belajar.
Kata kunci : gaya belajar, aktif | en_US |