Implementasi Program Islamic Studies dalam Meningkatan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan
Abstract
ABSTRAK
Handiny Azzah Fadhilah, 2022. Implementasi Program Islamic Studies dalam Meningkatan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H.M. Said Husin, MA dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd.
SDIT Istiqamah Balikpapan memiliki program tambahan pembelajaran keagamaan berupa mata pelajaran Islamic Studies, yang diimplementasikan di sekolah tersebut. Terbentuknya program ini tidak serta merta muncul begitu saja, melainkan karena penilaian sekolah terhadap mata pelajaran keagamaan yang sudah ada di sekolah, tidak sepenuhnya dapat mengakomodir aspek-aspek yang diperlukan dalam mencapai keberhasilan pembelajaran keagamaan termasuk salah satunya dalam hal akhlak peserta didik. Keberadaan mata pelajaran ini menjadi salah satu ikon khusus SDIT Istiqamah Balikpapan, karena tidak dimiliki oleh sekolah lainnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Islamic Studies dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Kelas V serta mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Islamic Studies peserta didik kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan validasi kontekstual yang dalam pelaksanaannya menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah Implementasi Program Islamic Studies di SDIT Istiqamah Balikpapan menggunakan metode Pembiasaan dengan tahapan a) melatih hingga peserta didik benar-benar memahami apa yang seharusnya dilakukan dan dapat mengamalkannya. b) mengingatkan peserta didik yang lupa maupun lalai dalam mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan. c) memberikan apresiasi pada peserta didik yang berhasil melakukan perilaku-perilaku positif serta terus memotivasinya. d) pendidik menghindari mencela peserta didik karena dapat menghilangkan rasa kepercayaan anak dan akan menimbulkan perilaku-perilaku yang menyimpang. Adapun factor pendukung dari Implementasi Program Islamic Studies pada Peserta Didik Kelas V adalah penyampaian materi yang baik dari guru, pemberian motivasi dalam bentuk reward dan lingkungan sekolah yang Islami. Sedangkan factor penghambat dari Implementasi Program Islamic Studies pada Peserta Didik Kelas V adalah faktor keluarga: perbedaan persepsi antara sekolah dan rumah dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.