Stimulasi Motorik Halus Pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di PAUD Jannatul Athfal Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Paujiah, 2019, “STIMULASI MOTORIK HALUS Pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di PAUD Jannatul Athfal Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Hj. Dwi Nur Aini Dahlan, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah ditemukan minimnya aktivitas stimulasi motorik halus anak. Sebagian besar anak masih kesulitan dalam menggunakan motorik halusnya seperti cara anak memegang pensil dan crayon dengan benar, cara anak menggunakan gunting, menjiplak bentuk/garis yang belum rapi, kesulitan meniru bentuk tulisan dan angka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok A di PAUD Jannatul Athfal Samarinda.
Jenis penelitian adalah penelitian riset dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, dan murid di PAUD Jannatul Athfal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stimulasi motorik halus pada kegiatan menggunting kelompok A di PAUD Jannatul Athfal Samarinda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa untuk menstimulasi motorik halus melalui berbagai kegiatan antara lain: pertama, mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan kegiatan menggunting, cara ini digunakan agar anak fokus dalam melaksanakan kegiatan menggunting, kedua, mengontrol tangan menggunakan otot halus melalui gerakan memegang gunting menggunakan jari-jari anak ketiga, menjiplak gambar yaitu anak menggunting sesuai dengan pola-pola yang disediakan, keempat, mengekspresikan diri melalui karya seni dengan berbagai media, anak akan menggunting beberapa pola yang disediakan dan menempelkannya sebagai hasil karya menggunting anak.