Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Meet dengan Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Rika Septilia Rizki, 2022. Hubungan Penggunaan Aplikasi Google Meet dengan Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, S.Ag.,M.Pd selaku pembimbing I dan Rumainur, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang pada penelitian ini adalah karena adanya imbauan dari pemerintah untuk melakukan pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemic covid-19. Salah satu aplikasi penunjang pembelajaran yaitu Google Meet. Google Meet dapat memberikan pengalaman belajar seperti tatap muka secara virtual, namun lebih jarang digunakan dibandingkan aplikasi lain, karena memerlukan lebih banyak kuota internet dan koneksi internet yang stabil. Di sisi lain, minat belajar siswa mengalami peningkatan namun tidak sedikit juga yang mengalami penurunan sejak pembelajaran daring dilaksanakan terutama pada mata pelajaran PAI. Pada siswa kelas X di SMA Negeri 10 Samarinda, minat belajar meningkat, siswa lebih aktif berdiskusi dan menjawab pertanyaan dari guru. Dengan adanya perubahan minat belajar siswa tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan aplikasi Google Meet dengan minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel manggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Samarinda berjumlah 293 siswa dan sampel berjumlah 52 siswa dari kelas X MIPA 6 dan X MIPA 7. Uji instrumen dilakukan dengan siswa kelas X MIPA 6, sedangkan uji sebenarnya dilakukan dengan siswa X MIPA 7. Uji validitas dilakukan dengan rumus korelasi Pearson Product Moment kemudian uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown di SPSS. Kemudian uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan SPSS juga, Sedangkan uji koefisien korelasi menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Uji signifikansi dengan membandingkan r tabel dan r hitung dilanjutkan dengan uji determinasi dengan mengkuadratkan hasil dari uji koefisiensi korelasi.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan Google Meet dengan minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 10 Samarinda. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,439 dan berada pada kategori sedang. Dengan r hitung 0,439 > r tabel 0,388 maka hasilnya signifikan dan hipotesis diterima. Penggunaan Google Meet berpengaruh 19,3% terhadap minat belajar siswa sedangkan 80,7% dipengaruhi oleh faktor selain penggunaan Google Meet.