dc.description.abstract | ABSTRAK
Bayu Nur Hamzah, 2022. “Pengaruh Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII di MTs At-Taqwa Harapan Baru Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi, M. Si selaku pembimbing I, dan Ibu Rega Armella, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yaitu pendidikan, yang dimana pendidikan memiliki hakikat sebagai landasan yang kuat terhadap praktik pendidikan dalam upaya memanusiakan manusia, guna meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan hidup dengan sikap yang di miliki manusia. Dalam pelaksanaan pendidikan itu sendiri, tentunya penanaman ilmu dalam mendidik haruslah sesuai dengan kebutuhan dan juga syariat Islam, dan di dalam ajaran Islam, manusia yang memiliki adab namun tidak cerdas lebih mulia dibandingkan dengan manusia yang cerdas namun tidak memiliki adab. Rumusan masalah penelitian ini yakni seberapa besar materi mata pelajaran alidah akhlak berpengaruh terhadap kecerdasan social siswa kelas VIII di MTs At-Taqwa Harapan Baru Samarinda?. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar materi mata pelajaran alidah akhlak berpengaruh terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VIII di MTs At-Taqwa Harapan Baru Samarinda.
Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan untuk menentukan besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs At-Taqwa Harapan Baru yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas, serta uji hipotesis, sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan nilai akhir yang diperoleh maka dapatkan hasil. Nilai (r) pada pengaruh materi mata pelajaran akidah akhlak terhadap kecerdasan sosial siswa kelas VIII di MTs At-Taqwa sebesar 0,260. Nilai ini berada pada rentang interpretasi (0,200-0,390) dengan kategori “rendah”. Adapun hasil uji hipotesis (t) yang diperoleh nilai thitung > ttabel (1.838 > 1.672), yang artinya H1 di terima dan H0 ditolak. maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara materi mata pelajaran akidah akhlak terhadap kecerdasan sosial siswa MTs At-Taqwa Harapan Baru sebesar 6,8% dan hipotesis diterima | en_US |