Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs At-Taqwa Harapan Baru
Abstract
ABSTRAK
Hikmah Hasanuddin, 2022. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs At-Taqwa Harapan Baru”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Etty Nurbayani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Fathur Rahman, S.Si, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini yakni terkait dengan opini masyarakat yang menganggap bahwa kecerdasan intelektual diyakini sebagai satu-satunya hal yang menentukan kesuksesan masa depan anak, namun ada hal yang tidak kalah penting dari kecerdasan intelektual yaitu kecerdasan emosional. Tidak sedikit kita mendengar bahwasanya banyak sekali remaja saat ini yang telah masuk dalam pemberitaan yang cenderung tidak baik, meskipun permasalahan tersebut cenderung tidak baik atau negatif, remaja tetaplah seorang anak yang sedang menjalani proses menuju kedewasaan serta harus di berikan bimbingan untuk dapat memotivasi dirinya dalam menjalani hidup sebagai individu yang cerdas secara intelektual maupun secara emosional. Dan juga membantunya agar dapat mengontrol emosi sejak dini dengan baik agar anak tersebut dapat mengatasi masalah-masalah dalam hidup yang akan di hadapinya di masa yang akan datang.
Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini di rancang untuk menentukan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs At-Taqwa Harapan Baru yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis, sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mendapatkan hasil pengujian regresi sederhana dan memperoleh hasil Fhitung 93.519 > 3.936 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa di MTs At-Taqwa Harapan Baru. Adapun nilai pengaruh R sebesar 0,693 dan dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,481, yang berarti bahwa terdapat pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 48% sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi oleh faktor lain.