Efektivitas Kegiatan Sholat Dhuha dalam Meningkatkan Perkembangan Agama dan Moral Usia 5-6 Tahun di TK Jamiyyatul Muta’allimin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nama Lilis Indasari, 2018” Efektivitas Kegiatan Sholat Dhuha dalam Meningkatkan Perkembangan Agama dan Moral Usia 5-6 Tahun di TK Jamiyyatul Muta’allimin Samarinda,Jurusan Pendidikan Madrasah, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini,Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Samarinda, Penelitian ini dibawah oleh bimbingan Pak Drs.Darwis,M.Si Sebagai pembimbing I dan Ibu Nor Asiah,M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar Belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar efektivitas kegiatan sholat Dhuha dalam meningkatkan perkembangan agama dan moral usia 5-6 tahun di Tk Jamiyyatul muta’allimin samarinda. Sedangkan Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui efektivitas kegiatan sholat dhuha pada perkembangan agama dan moral usia 5-6 Tahun di TK Jamiyyatul. Muta’allimin Samarinda.
Penelitian ini menggunakan deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober sampai dengan 30 agustus 2018 di TK Jamiyyatul Muta’ allimin Samarinda. Sampel pada penelitian ini adalah kelas B4 yang berjumlah 9 anak dia antaranya 5 perempuan dan 4 laki-laki . Penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan Sholat Dhuha dapat meningkatkan perkembangan agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK Jamiyyatul Muta’allimin Samarinda dengan jumlah perhitungan seluruhnya hasil persentase skor yang di dapat peneliti sebesar 71.4% maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan anak pada TK Jamiyyatul Muta’allimin Samarinda yang berjumlah 9 anak dapat di kategorikan Efektif.