dc.description.abstract | ABSTRAK
Naomi Ainun Hasanah, 2022. Penanaman Nilai Religius Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs. Negeri 1 Balikpapan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rostanti Toba, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini berasal dari dunia pendidikan yang menghadapi gelombang globalisasi dan kemajuan teknologi yang signifikan, yang tentunya dapat dirasakan dan dilihat oleh semua lapisan masyarakat. Pengaruh modernitas nampaknya memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap pembentukan karakter peserta didik seperti, minimnya karakter religius pada anak, anak kerap kali membolos sekolah, sampai kecendrungan dalam menonton film porno. Rentetan peristiwa tersebut tentu menjadi pokok permasalahan yang sangat menjadi perhatian dalam dunia pendidikan terlebih dalam kacamata guru pendidikan agama Islam. Apabila hal tersebut tidak cepat diatasi dan dievaluasi secara terus menerus akan melunturkan nilai-nilai dalam pendidikan itu sendiri, termasuk di dalamnya nilai religius. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai proses penanaman nilai religius pada peserta didik kelas VIII di MTs. Negeri 1 Balikpapan yang mana madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam di Indonesia juga merupakan madrasah unggulan dan percontohan yang ada di Balikpapan.
Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data-data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah MTsN 1 Balikpapan, Waka Kurikulum, Guru rumpun PAI, dan peserta didik kelas VIII. Adapun uji keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan teknik. Di samping itu, analisis data menggunakan model interaktif seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai religius pada peserta didik kelas VIII di MTs. Negeri 1 Balikpapan telah berjalan dengan baik dan tepat serta memberikan dampak positif pada peserta didik. Proses penanaman nilai ini dilakukan mulai kedatangan peserta didik hingga pulangnya kembali ke rumah masing-masing. Selain itu berbagai program tahunan, bulanan, mingguan, hingga harian juga selalu digiatkan untuk menunjang proses penanaman nilai religius di madrasah yang mencakup 3 indikator nilai religius yakni nilai Tauhid/Aqidah, nilai Ibadah, dan nilai Akhlak. Proses penanaman ini juga berjalan dengan baik karena dukungan dari seluruh warga madrasah disertai dengan tidak hentinya dalam memberi keteladanan, nasihat, serta motivasi kepada peserta didik khususnya kelas VIII. | en_US |