View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Penggunaan Media Komik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs. Al Mujahidin 1 Samarinda

Thumbnail
View/Open
FARUK UBAIDILLAH.docx (15.52Kb)
Date
2022-06-14
Author
Ubaidillah, Faruk
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK FARUK UBAIDILLAH, 2022, “Efektivitas Penggunaan Media Komik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII di MTs. Al Mujahidin 1 Samarinda”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Iwan Abdi, M.SI dan Ibu Juhairiah, M.Pd. Latar Belakang masalah dari penelitian ini yaitu, terdapat peserta didik yang mengungkapkan perasaan bosan, dan tidak memahami materi ketika pembelajaran berlangsung, selain itu kondisi sekolah yang tidak begitu baik terkhusus pada ruangan keas VII yang tergenang banjir ketika hujan dan sekaligus penelitian ini untuk menguji seberapa besar pengaruh media pembelajaran berupa komik dalam membantu peserta didik dalam proses pembelajaran pada bidang studi sejarah kebudayaan Islam kelas VII di MTs. Al Mujahidin 1 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan sampel sebanyak 32 peserta didik yang berasal dari kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen, teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dan Uji N-Gain. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai sebesar 0,01 < 0,05 yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media komik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam oleh sebab itu maka hipotesisnya adalah H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil dari uji N-gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,26 pada kelas eksperimen, dari hasil tersebut dan berdasarkan tabel interperasi efektivitas menyatakan bahwa komik sebagai media pembelajaran berada dalam kategori cukup efektif untuk digunakan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1472
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [1028]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV