dc.description.abstract | ABSTRAK
Hana Nur’azizah Sunaryo, 2022. “Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Wali Murid Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PAI Kelas VIII Pada MTs N 4 Kutai Kartanegara”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah dari nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 bahwa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diantaranya adalah akidah akhlak, Al-Qur’an Hadits, fikih dan sejarah kebudayaan Islam diperoleh hasil belajar peserta didik MTs N 4 Kutai Kartanegara seluruhnya diatas KKM yaitu 75 bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan mata pelajaran umum lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik salah satunya yaitu tingkat pendidikan wali murid dengan tingkat pendidikan yang bervariasi dengan persentase SD/SMP sebanyak 18%, SMA sebanyak 47 %, S1 sebanyak 31 %, S2 sebanyak 2 % dan S3 sebanyak 2 %. Tingkat pendidikan wali murid sangat menentukan terhadap keberhasilan anaknya, wali murid yang berpendidikan tentu lebih mudah dalam mengarahkan, membimbing, memotivasi dan memberikan solusi apabila anaknya mendapatkan kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan wali murid dengan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI kelas VIII pada MTs N 4 Kutai Kartanegara.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 4 Kutai Kartanegara yang berjumlah 150 peserta didik. Sampel diambil dari peserta didik kelas VIII MTs N 4 Kutai Kartanegara sebanyak 109 peserta didik dengan menggunakan teknik proporsionate simple randong sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji realibilitas. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji korelasi sederhana, uji T.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pendidikan wali murid dilihat dari indikator memperoleh hasil yaitu pendidik sebesar 69%, pendorong (motivasi) sebesar 72%, fasilitator sebesar 80% dan Pembimbing sebesar 72% dengan rata-rata 73% berada pada kategori baik; 2) Hasil belajar PAI dengan nilai rata-rata 84 berada pada kategori baik; 3) Hasil yang diperoleh dari penelitian
dengan menggunakan program SPSS versi 20 mendapatkan hasil dari perhitungan uji t thitung > ttabel dengan nilai 10,344 > 1,658 atau nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka secara parsial variabel tingkat pendidikan wali murid memiliki hubungan dengan hasil belajar PAI dan hasil perhitungan uji korelasi 1,00 angka ini menunjukkan korelasi sangat kuat dan Tingkat pendidikan wali murid telah terbukti memiliki hubungan positif dengan hasil belajar PAI kelas VIII MTs N 4 Kutai Kartanegara karena semakin tinggi tingkat pendidikan wali murid maka semakin tinggi pula hasil belajar PAI. | en_US |