Show simple item record

dc.contributor.authorFathurrahman, Fathurrahman
dc.date.accessioned2022-07-19T06:22:31Z
dc.date.available2022-07-19T06:22:31Z
dc.date.issued2022-06-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1474
dc.description.abstractABSTRAK Fathurrahman, “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 002 Tenggarong”. 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing Oleh Bapak Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd dan Ibu Arsinah, S.Ag, M.Si Latar belakang penelitian ini yaitu pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Islam diberikan suatu tantangan untuk berupaya mengembangkan perilaku peserta didik agar dapat berprilaku toleran dan rukun terhadap sesama. Peneliti telah melakukan observasi sederhana bahwasanya di Sekolah Dasar Negeri 002 Tenggarong memiliki peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang yang beragam, seperti adanya ragam agama yaitu Islam, Protestan, Khatolik, Hindu dan Budha. Oleh karena itu, alasan peneliti mengambil penelitian ini karena ingin mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai multikultural serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai multikultural baik itu dalam ruang kelas maupun di luar ruang kelas, yang mana ini bertujuan agar peserta didik memiliki sikap penerimaan terhadap keberagaman sesama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah dan guru agama Kristen Sekolah Dasar Negeri 002 Tenggarong. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan terhadap suatu data hasil penelitian dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat implementasi nilai-nilai multikultural Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 002 Tenggarong yaitu terdapat nilai-nilai kesetaraan, nilainilai toleransi dan nilai-nilai kerukunan yang telah di implementasikan pada kegiatan-kegiatan pada proses pembelajaran di ruang kelas maupun pada agenda kegiatan di luar kelas, implementasi ini di dukung penuh dari berbagai pihak baik itu dukungan dari pihak sekolah, guru-guru, peserta didik, orang tua/wali peserta didik serta masyarakat sekitar, pada faktor penghambatnya tidak di temukan hambatan yang berarti. Hal tersebut tercermin dari perilaku peserta didik yang baik dalam bersosialisasi dan bergotong royong dalam proses pembelajaran maupun dalam lingkungan sekolah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectNilai-Nilai, Multikultural, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Nilai-Nilai Multikultural Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 002 Tenggarongen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record