Show simple item record

dc.contributor.authorOktaviani, Dian
dc.date.accessioned2022-07-19T06:49:42Z
dc.date.available2022-07-19T06:49:42Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1475
dc.description.abstractABSTRAK Dian Oktaviani, 2022, “Upaya Guru Al-Quran Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Surah Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda”, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sultan Aji MuhammadIdris (UINSI) Samarinda. Dalam Penelitian dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag selaku pembimbing I dan Rahmatillah M.Pd selaku pembimbing II. Menghafal surah merupakan kewajiban bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda pada mata pelajaran Al-Quran Hadis, namun tidak semuasiswa mampu menghafal. Dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam menghafal. Untuk itu, guru dituntut membantu siswa dalam mengatasi kesulitan menghafal surah denganberbagai cara dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya guru mata pelajaran Al-Quran Hadis dalam mengatasi kesulitan menghafal surah pada siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda pada matapelajaran Al-Quran hadis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Al-Quran Hadis dengan jumlah 3 orang dan 14 siswa yang memiliki kesulitan dalam menghafal. Adapun sumber data sekunder yang digunakan yaitu gambaran umum Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda seperti profil sekolah, identitas sekolah, visi misi dan struktur organisasi sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, triangulasi dengan menggunakan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis daskriptif analitis dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Al-Quran Hadis antara lain: memberikan motivasi kepada siswa, memberikan hadiah berupa nilai yang baik di rapot, dan memberikan gambaran berupa manfaat atau fadilah-fadilah dalam menghafal Al-Quran serta menggunakan metode Drill, Iqra, Talqin, Sima’an dan Muroja’ah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectGuru, Al-Quran Hadis, Kesulitan, Menghafal Surahen_US
dc.titleUpaya Guru Al-Quran Hadis DalamMengatasi Kesulitan Menghafal Surah Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record