Show simple item record

dc.contributor.authorYuniar, Nur Indah
dc.date.accessioned2022-07-20T00:05:10Z
dc.date.available2022-07-20T00:05:10Z
dc.date.issued2022-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1476
dc.description.abstractABSTRAK Nur Indah Yuniar, 2022. “Upaya Guru dalam Internalisasi Nilai-Nilai Disiplin Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Khairiyah Samarinda.” Skripsi,Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI dan Mohammad Nasrun, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi bahwa permasalahan yang terjadi di sekolah Dasar Islam Al-Khairiyah Samarinda yaitu mengenai karakter siswa, salah satunya ialah kurangnya dalam disiplin belajar. Seperti, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, terlambat datang ke sekolah, tidak memakai seragam dengan lengkap dan rapi, serta ribut pada saat pembelajaran di kelas. Dalam menyikapi permasalahan tersebut perlu adanya upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai disiplin belajar kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam internalisasi nilai-nilai disiplin belajar siswa dan faktor pendukung serta penghambat guru dalam internalisasi nilai-nilai disiplin belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Khairiyah Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menguji keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam internalisasi nilai-nilai disiplin belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Khairiyah, antara lain yaitu: 1) tahap transformasi nilai dengan melalui pemberian informasi dan pemahaman mengenai disiplin belajar, 2) tahap transaksi nilai dengan melalui metode keteladanan atau pemberian contoh, 3) tahap transinternalisasi dengan melalui metode pembiasaan dan pemberian nasihat. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam internalisasi nilai-nilai disiplin belajar siswa yaitu faktor pendukungnya antara lain kesadaran diri siswa, ketaatan siswa mematuhi peraturan, alat pendidikan (guru dan lingkungan sekolah), hukuman, lingkungan berdisiplin (keluarga dan masyarakat), latihan berdisiplin atau pembiasaan serta sarana dan prasarana yang digunakan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya kesadaran diri siswa, lingkungan keluarga yang kurang menerapkan disiplin serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectUpaya, Guru, Internalisasi, Nilai-Nilai, Disiplin, Belajar Siswaen_US
dc.titleUpaya Guru dalam Internalisasi Nilai-Nilai Disiplin Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Khairiyah Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record