Implementasi Penggunaan Media Visual Kartu Kata Bergambar Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Kelas B Usia 5-6 Tahun di PAUD Mutiara Ilmu Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Desy Aisah, 2022. Implementasi Penggunaan Media Visual Kartu Kata Bergambar Dalam Menstimulasi Kemampuan Berbicara Anak Kelas B Usia 5-6 Tahun di PAUD Mutiara Ilmu Samarinda Seberang. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Muhammad Idris (UINSI) Samarinda di bawah bimbingan Dra. Etty Nurbayani, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Amalia Nur Aini, M.Pd sebagai pembimbing 2.
Penelitian ini dilatar belakangi akan rendahnya kemampuan berbicara anak di PAUD Mutiara Ilmu Samarinda Seberang. Hal ini terlihat pada saat observasi awal pada saat anak didik memasuki sekolah, terdapat beberapa anak yang masih ragu dalam mengenal huruf, tidak pasih dalam mengeja suku kata dan komunikasi yang kurang lancar kepada guru maupun kepada sesama pada anak kelompok B usia 5-6 Tahun di PAUD Mutiara Ilmu Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru menstimulasi kemampuan berbicara anak kelompok B Usia 4-5 Tahun di PAUD Mutiara Ilmu Samarinda Seberang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok B Usia 5-6 Tahun PAUD Mutiara Ilmu Samarinda Seberang yang berjumlah 8 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan kartu kata bergambar dalam menstimulasi kemampuan berbicara anak pada anak Kelas B Usia 5-6 tahun adalah dengan menggunakan permainan media visual kartu kata bergambar, dengan langkah seperti menentukan tema yang ingin dicapai, guru melatih anak menyebutkan lafal ejaan huruf, guru membagi kelompok, guru membagikan tugas. Kegiatan langkah-langkah tersebut menunjukan bahwa anak terstimulasi sesuai dengan proses tumbuh kembangnya pada saat mengenal huruf dan kemampuan berbicara terlihat baik.