View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Kartu Bergambar Di PAUD Alifah Palaran

Thumbnail
View/Open
Ariyanti.docx (14.09Kb)
Date
2019-09-13
Author
Ariyanti, Ariyanti
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK ARYANTI, 2019 Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Menggunakan Kartu Bergambar Di PAUD Alifah Palaran.Jurusan Pendidikan Madrasah PAUD, Penelitian ini dibimbing oleh Drs Darwis, M.SI sebagai pembimbing Pertama dan Sunanik, M.PdI sebagai pembimbing Kedua Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan terdapat permasalahan yang terkait dengan kemampuan anak dalam mengenal huruf di Pendidikan Anak Usia Dini Alifah Palaran. Kemampuan anak dalam mengenal huruf belum berkembang dengan baik, dari 17 anak dalam kelas hanya 7 anak yang mampu mengenal huruf dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan kartu bergambar di Pendidikan Anak Usia Dini Alifah Palaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat sedangkan tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisisi data dengan menggunakan statistic sederhana yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan porsentase Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dibuktikan dengan hasil peningkatan peningkatan kemampuan anak Pendidikan Anak Usia Dini Alifah dalam mengenal huruf melalaui penggunaan kartu bergambar yang kondisi awal sebelum dilakukan tindakan (pra Siklus) adalah 41 % atau kruteria rendah, dengan ketuntasan belajar anak dari 17 anak hanya 7 anak yang tuntas dalam belajar setelah penggunaan kartu bergambar pada Siklus I persentase rata-rata ketuntasan meningkat menjadi 78% atau 13 anak tuntas dalam pembelajaran kemudian pada siklus II meningkat pesat menjadi 86% atau 15 siswa tuntas dalam belajar. Selanjutnya penelitian ini menghitung peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus I sebesar 46 %, dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 23%. Berdasarkan Hasil yang diperoleh selama penelitaian dapat disimpulkan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada Pendidikan Anak Usia Dini Alifah Palaran.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/149
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV