dc.description.abstract | ABSTRAK
Andi M Andar Soba, 1711101038. “Strategi Pembelajaran Daring Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 di MTs Negeri Tarakan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah covid- 19 yang memberikan dampak berlakunya sistem pembelajaran daring. Berlakunya sistem pembelajaran daring, menyebabkan terjadinya kendala yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, seperti yang terjadi pada guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan. Maka dari itu, perlu adanya strategi pembelajaran daring yang tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan melakukan solusi atas kendala yang terjadi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengenali kendala serta solusi pembelajaran daring oleh guru akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan pada masa covid19.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, adapun pendekatan penelitian yang digunakan merupakan pendekatan deskriptif. Untuk mendapatkan informasi yang diperlukan di lapangan, peneliti memakai teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Informasi yang diperoleh setelah itu dianalisis dengan memanfaatkan kondensasi data, penyajian data, verifikasi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menampilkan bahwa (1) Strategi pembelajaran daring guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan, pertama strategi pembelajaran ekspositori pada strategi ini guru menyiapkan dan menyampaikan materi pembelajaran dengan media daring dalam bentuk video atau gambar kemudian yang pada akhirnya siswa diberikan motivasi berupa penugasan. Kedua strategi pembelajaran konseptual pada strategi ini guru menyiapkan dan menyampaikan materi sesuai dengan sumber belajar dan menggunakan media zoom dan memberikan pujian kepada siswa, kemudian guru menjalin kerjasama dengan orang tua siswa untuk mengaplikasikan hasil pembelajaran daring yang telah diberikan. Motivasi belajar siswa meningkat ditandai dengan siswa menjadi aktif dan mengerjakan tugas yang diberikan. Adapun media pembelajaran yang digunakan dalam mensukseskan strategi pembelajaran daring, yaitu e-learning, whatsapp, classroom, zoom dan google drive. (2) Kendala strategi pembelajaran daring guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa covid-19 di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarakan, yaitu koneksi jaringan internet yang tidak stabil, guru dan siswa sulit dalam berinteraksi, biaya mahal serta tidak dapat menggunakan media pembelajaran daring secara maksimal. Sedangkan, solusi dalam mengatasi kendala yang terjadi, yaitu melakukan home visit, perpanjangan waktu pembelajaran daring, membagikan kuota gratis serta mengadakan edukasi penggunaan media pembelajaran daring. | en_US |