Efektivitas Permainan Maze Angka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di RA Ma’arif NU Plus 001
Abstract
ABSTRAK
Irma Rizky Yanti, 2022. Efektivitas Permainan Maze Angka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di RA Ma’arif NU Plus 001. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing I dan Zakiyah Ulfah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kepekaan anak terhadap angka, minimnya pengetahuan anak terhadap angka bahkan ada anak yang ditemui belum bisa membedakan warna. Ada pula anak yang kurang rasa ingin tahu dan tidak tertarik dengan permainan-permainan strategis yang mengasah kecerdasannya. Pembelajaran dengan metode ceramah menyebabkan kurangnya partisipasi anak dalam mengeksplor sekitarnya. Pemilihan alat permainan edukasi (APE) yang kurang kreatif juga menyebabkan anak untuk sulit memahami pembelajaran yang diberikan. Hal ini menyebabkan terhambatnya perkembangan anak salah satunya pada aspek perkembangan kognitif dimana dalam hal ini mencakup kecerdasan logika matematika anak. Maze angka merupakan alat permainan edukatif yang dapat digunakan dalam mengenalkan angka pada anak. Bentuknya yang unik berisikan berbagai macam bentuk geometri, lambing bilangan serta warna dasar yang dapat menarik perhatian anak untuk belajar. Dengan alat permainan tersebut akan menumbuhkan rasa ingn tahu anak serta mudah memahami informasi yang disampaikan. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas permainan maze angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini di RA Ma‟arif NU Plus 001.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian one group pretest-postest dengan memberikan treatment perlakuan khusus setelah dilakukan pretest terlebih dahulu sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan populasi sebanyak 20 anak yang meliputi seluruh anak di RA Ma‟arif NU Plus 001. Pada penelitian ini menggunakan keabasahan data yakni uji validitas dan uji reliabilitas untuk mengukur valid atau tidaknya pernyataan yang digunakan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji statistik untuk mengolah dan mengakumulasikan data yang didapat dengan menggunakan uji normalitas yaitu liliefors dan uji paired t-test sebagai alat untuk mengetahui efektivitas permainan maze angka dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan permainan maze kepada anak pada pertemuan pertama dan pertemuan terakhir sebagai bentuk untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir anak.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan maze angka efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak dilihat dari perkembangan anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan hal ini terlihat pada hasil analisis statistik terdapat nilai signifikan antara thitung 27,815 > 1,729 dengan taraf signifikan 0,05 % sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima