Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Al-Mu‟minun Kabupaten KutaiKartanegara
Abstract
ABSTRAK
Mustafa Afdhal, 2022. “Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MA Al Mu‟minun Kabupaten Kutai Kartanegara”. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs.Darwis,M.SI. dan Ibu Hajriana, M.Pd.
Guru dituntut profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. Penelitian ini di latar belakangi oleh guru yang profesional akan berpengaruh pada peningkatan ketuntasan belajar siswa. sehingga dalam proses pembelajaran bias meninggkatkan ketuntasan belajar, sebagaimana telah dirumuskan sejak semula dapat terealisasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalitas guru terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Mu‟minun Kabupaten Kutaikartanegara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang mengambil tempat penelitian di MA Al-Mu‟minun Kabupaten Kutai kartanegara. Penerapan metode kuantitatif pada pengumpulan data kepada informan melalui penyebaran instrumen angket atau kuisioner yang datanya digunakan untuk mengetahui pengaruh profesionalitas guru terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Mu‟minun Kabupaten Kutai Kartanegara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 101 siswa. Selanjutnya diambil sampel menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh sampel 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumus Correlation Product Moment dan uji t, yang terlebih dahulu dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji heteroskedasitas dan uji autokorelasi.
Hasil penelitian mengenai pengaruh profesionalitas guru terhadap ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Mu‟minun Kabupaten Kutaikartanegara, menunjukan bahwa uji hipotesis diperoleh hasil 0,003 yang berarti r hit = 0,003 < r tab = 0,339, yang artinya profesionalitas guru memberi pengaruh “sangat rendah” terhadap ketuntasan belajar siswa di MA Al-Mu‟minun Kabupaten Kutai kartanegara.