dc.description.abstract | ABSTRAK
Hirdha Nurfarini. ZR., 2022. “Persepsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda tentang Konsep Kuttab. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Kuttab merupakan model pendidikan Islam yang telah diterapkan oleh Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam pada masanya sehingga dapat menghasilkan generasi mulia sejak usia belia yang kecerdasannya unggul dari sisi intelektual, emosional dan tentu spiritual. Namun, istilah Kuttab sangat asing di zaman modern ini, tanpa terkecuali pada kalangan mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan sedikit sekali masyarakat yang menggunakan istilah Kuttab dalam keseharian maupun di lingkungan akademik. Jika menelusuri lebih lanjut, ternyata Konsep Kuttab tak terlepas dari program tahfidz dan tahsin al-qur’an. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji terkait persepsi mahasiswa UINSI Samarinda tentang Konsep Kuttab melalui pemahaman mahasiswa secara praktik dari program tahfidz dan tahsin al-qur’an yang ada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang mana, sumber data yang diambil berdasarkan pada mahasiswa UINSI Samarinda yang termasuk mahasantri asrama putri UINSI Samarinda. Peneliti menggunakan instrumen wawancara dan datanya berupa hasil dari jawaban atas wawancara yang telah dilakukan.
Hasil dari penelitian ini adalah tak semua mahasiswa UINSI Samarinda memiliki pemahaman tentang Kuttab karena ternyata pandangan mereka Kuttab itu hanya ada pada masa Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam. Namun, secara praktiknya mahasiswa memahami konsep Kuttab karena konsep Kuttab itu meliputi program tahfidz dan tahsin al-qur’an. Persepsi mahasiswa UINSI Samarinda tentang Konsep Kuttab melalui pemahaman secara praktik yang telah dilakukan (program tahfidz dan tahsin) adalah sebagai berikut : 1) Program tahfidz dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghafal; sarana mendekat kepada Allah; mengajarkan berbagai nilai moral seperti religius, jujur, disiplin, bertanggung jawab, mandiri, percaya diri; 2) Program tahsin dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang ilmu tajwid, makharijul huruf serta kemampuan menulis ayat-ayat al-qur’an. | en_US |