dc.description.abstract | ABSTRAK
Ummi Rasyidah Fitriani, 2022. “Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Samboja”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr.H. Muhammad Kusasi M.Pd dan Bapak H. Susanto LC, M.Pd.I”
Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Samboja siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat mengontrol dan bersosialisasi dengan sangat baik disekolah terutama pada ekstrakurikuler Pramuka dan PMR. Di SMAN 1 Samboja memiliki 587 siswa dengan perbedaan agama yaitu 574 siswa beragama Islam dan 12 siswa beragama lain. Agama lainnya sangat minoritas dan sangat terlihat jelas perbedaan diantara mereka, namun peneliti melihat tidak ada perselisihan dalam beragama diantara perbedaan agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana implemetasi nilai-nilai moderasi beragama dan apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Samboja.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan sumber data yang digunakan adalah primer yaitu dari pembina dan para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka dan PMR berjumlah 9 orang, sekunder yaitu yang data yang didapatkan secara tidak langsung seperti dokumen-dokumen buku dan lain-lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilakukan dengan mengamati kegiatan ekstrakurikuler, wawancara terstruktur dengan narasumber yang terdiri dari pembina dan siswa ekstrakurikuler yang berjumlah 9 orang dan dokumentasi yang dilakukan untuk mendukung wawancara seperti foto pada saat wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk mempermudah penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Dilihat dari aspek komitmen kebangsaan, ketika pembina mengadakan kegiatan kemah dengan dilakukannya bersih-bersih, jelajah untuk mengenal, menjaga dan melindungi bangsa, serta mengadakan pentas seni pada saat kemah guna mengenalkan budaya yang ada. Dari aspek toleransi pembina mencontohkan dalam kegiatan sehari-hari dengan mengahargai siswa atau guru yang berbeda agama dengannya. Serta dibantu oleh guru agama yang memberikan materi-materi yang berhubungan dengan toleransi. 2) hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor pendukung yaitu faktor lingkungan serta faktor pengetahuan. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi nilainilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu Dalam implemetasi nilai-nilai moderasi beragama tidak memiliki hambatan namun, wabah covid-19 menjadi keterbatasan pembina dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama. | en_US |