Pengaruh Program Pembiasaan Tadarus AlQur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 7 Bontang
Abstract
ABSTRAK
Anni Nuryana, 2022. “Pengaruh Program Pembiasaan Tadarus AlQur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP Negeri 7 Bontang.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M. Ag selaku dosen pembimbing I dan Bapak H. Susanto, Lc. M. Pd. I selaku dosen pembimbing II.
Namun Siswa juga disibukkan tugas-tugas yang sangat banyak, akibatnya membuat letih dan jenuh bagi siswa, secara tidak langsung lama-lama membuat menjauh dari Al-Qur’an. Kecanggihan teknologi yang dapat membuat siswa terlena, siswa sulit meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an, secara tidak sadar perlahan-lahan dapat menyebabkan berkurangnya kecintaan siswa terhadap AlQur’an. Siswa lebih mementingkan gadget. Untuk itu perlunya kesadaran bahwa itu semua hanya kesenangan sesaat. Maka dari itu SMP Negeri 7 Bontang menyelenggarakan program pembiasaan tadarus Al-Qur’an dengan program ini diharapkan siswa terbiasa dengan Al-Qur’an. Siswa lebih mementingkan gadget secara tidak langsung membuat siswa terlena sehingga perlahan-lahan menjauh dari Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh program pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca AlQur’an siswa SMP Negeri 7 Bontang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 7 Bontang dengan jumlah 389 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini teknik purposive sampling dengan jumlah 32 siswa kelas VIII. Teknik pengimpulan data yang digunakan menggunakan yaitu angket, observasi, dan tes. Teknik keabsahaan data yang digunanakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, selain itu juga menggukaan uji kolerasi product moment, uji determinasi dan uji t.
Hasil penelitian mengunakan SPSS versi 24 menunjukkan bahwa dari uji koefisien determinasi sebesar 0,490 yang berarti pengaruh program pembiasaan tadarus Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMP Negeri 7 Bontang 49%. Hasil uji hipotesis pada uji kolerasi product moment ialah 0,700 dan memiliki nilai interprestasi (kolerasi) r dengan kategori kuat. Maka dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel program pembiasaan tadarus Al-Qur’an berpengaruh signifikan terhadap variabel kemampuan membaca Al-Qur’an.