Show simple item record

dc.contributor.authorAinii, Qurrotu
dc.date.accessioned2022-08-05T01:33:10Z
dc.date.available2022-08-05T01:33:10Z
dc.date.issued2022-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1529
dc.description.abstractABSTRAK Qurrotu Ainii, 2022. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rumainur, M.Pd.I. selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kemajuan zaman dalam bidang teknologi pembelajaran. Hadirnya teknologi dalam bidang pendidikan memudahkan pendidik dalam menyajikan bahan ajar yang inovatif sebagai ala bantu agar pembelajaran jauh lebih efektif dan efisien. SMAN 2 Samarinda merupakan sekolah yang telah menerapkan teknologi dalam bidang pendidikan dengan baik. Namun masih ada beberapa kondisi bahwa siswa mengalami kejenuhan dalam belajar karena masih menggunakan metode pembelajaran yang cenderung klasikal dan membosankan serta guru mata pelajaran PAI yang belum menerapkan multimedia interaktif berbasis Software, oleh karena itu peneliti menawarkan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Software Articulate Storyline agar pembelajaran PAI bisa menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, serta menjadikan SMAN 2 Samarinda sekolah yang menguasai serta memiliki minat tinggi dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kemenarikan dan keefektifan dari penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 di SMA Negeri 2 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development atau R&D. Metode ini merupakan gabungan dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif berupa statistik atau data numerik, dan data kualitatif berupa informasi serta masukan dan saran yang diperoleh dari subyek penelitian. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi awal, dokumentasi, instrumen angket untuk menentukan tingkat kemenarikan produk, serta mengumpulkan hasil Test (Pre dan Post Test) untuk menentukan tingkat keefektifan produk dengan menggunakan uji one simple t test. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Samarinda, yaitu pada kelas X MIPA 2, dengan jumlah 34 siswa. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran berbasis Software Articulate Storyline 3 yang dibuat dengan model interaktif dinilai sangat efektif dan efisien karena memiliki daya tarik dan kelebihan tersendiri, sehingga dapat menimbulkan minat dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI sehingga tujuan dan kompetensi pembelajaran pun dapat dengan mudah tercapai. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil pengamatan peneliti terhadap penggunaan multimedia tersebut bahwa minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran PAI di SMAN 2 Samarinda mengalami peningkatan berdasarkan hasil nilai pre test siswa sebesar 85.64 dan 93.52 untuk perolehan nilai post test, yang berarti nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 7.88 poin setelah diberi tindakan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMultimedia, Pembelajaran, Articulate Storyline 3en_US
dc.titlePengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA Negeri 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record