dc.description.abstract | ABSTRAK
Yuliana Safitri, 2022 “Pengaruh Pendampingan Orang Tua Pasca Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) terhadap Perilaku Sosial Bagi Siswa Kelas VII MTs Sabilarrasyad Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara”, Skripsi. Samarinda: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh bapak Drs. Ahmad Riyadi, S.,S, M.Hum sebagai dosen pembimbing pertama, dan bapak Fathur Rahman, S.Si., M.Si sebagai dosen pembimbing kedua.
Pendampingan orang tua merupakan suatu usaha yang harus dilakukan kedua orang tua baik ayah maupun ibu dalam mengajark dan membimbing anak agar mampu mengembangkan dan mengarahkan dirinya sehingga dapat bertindak wajar, sesuai dengan tuntutan dan keadaan keluarga serta masyarakat. Selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa di harapkan tetap memiliki perilaku sosial yang baik. Perilaku sosial adalah suatu tindakan ataupun respon yang diberikan seseorang kepada orang lain baik berupa sikap, ucapan, ataupun perbuatan, baik yang bisa diamati secara langsung maupun tidak. Pentingnya pendampingan orang tua selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan perilaku sosial siswa pasca pembelajaran jarak jauh (PJJ) maka peneliti ingin meneliti bagaimana pengaruh pendampingan orang tua pasca pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap perilaku sosial bagi siswa kelas VII di MTs Sabilarrasyad Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif survei. Dalam penelitian ini digunakan populasi seluruh siswa MTs Sabilarrasyad Sangasanga, denga sampel penelitian sejumlah 40 orang siswa kelas VII di MTs Sabilarrasyad Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan pemberian kuisioner (angket) untuk siswa serta orang tua siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis data koefisien korelasi diperoleh nilai R = 0,426 dan diformulasikan dalam bentuk presentase koefisien determinasi diperoleh kepengaruhan pendampingan orang tua pasca pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap perilaku sosial siswa yaitu sebesar 18,2%. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diketahui bahwa thitung 2,906 > ttabel 1,686 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang singnifikan pada pendampingan orang tua pasca pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap perilaku sosial siswa di MTs Sabilarrasyad Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara. | en_US |