Pengaruh Aktivitas Kerja Kelompok terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Azhar Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurul Hikmah, 2022. “Pengaruh Aktivitas Kerja Kelompok terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Azhar Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Husni Idris, M.Pd dan Syatria Adymas Pranajaya, S.Pd., M.S.I.
Latar belakang penelitian ini adalah beragamnya latar belakang siswa yang berasal dari berbagai kalangan, baik latar belakang lingkungan tempat tinggal maupun pendidikan orang tua. Selama pandemi, pembelajaran dilakukan dari rumah atau daring, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih tergolong cukup baik. Akan tetapi, pada saat sekolah sudah mulai melaksanakan pembelajaran offline, terjadinya penurunan pada prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat membantu siswa memahami dan menangkap materi pelajaran dengan cepat. Karena dalam metode ini siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja, tetapi siswa juga dapat belajar dari teman sekelompoknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas kerja kelompok terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Azhar Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field iresearch) dengan menggunakan metode eksperimen. Eksperimen digunakan untuk menjelaskan dan meramalkan yang akan terjadi pada suatu variabel apabila diberikan suatu perlakuan tertentu pada variabel lainnya. Jenis desain yang digunakan adalah “Pre-test – Post-test Control Group Design”.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai signifikansi akhir sebesar 0,013 < 0,05 maka dapat kita simpulkan bahwa adanya pengaruh pada prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode kerja kelompok. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat pengaruh aktivitas kerja kelompok terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Azhar Samarinda.