dc.description.abstract | ABSTRAK
Haryati, 2022.“Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Al Mujahiddin 1 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Machmud, M. Ag dan Bapak Abdul Basith, M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter yang baik pada peserta didik oleh guru akidah akhlak, oleh karena itu dalam prosesnya pendidik dituntut harus mempunyai strategi-strategi dan kratifitas-kreatifitas yang mampu untuk mempermudah jalanya pembentukan karakter peserta didik menjadi lebih baik lagi, karena tak dapat dipungkiri dalam prosesnya bisa jadi akan ada saja kendala atau hambatan-hambatan muncul. Oleh sebab itu adanya strategi sangat penting dalam proses pembentukan karakter siswa agar prosesnya berjalan dengan baik.
Jenis metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau kata-kata. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah kepala seklah, guru akidah akhlak, serta guru sedangkan sumber data skunder ialah siswa siswi serta dokumen-dokumen resmi sekolah. Pengumpulan data didapat melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Pengesahan keabsahan data triangulasi sedangkan Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa sebuah strategi dalam proses pembentukan karakter siswa merupakan suatu hal yang sangat penting, dalam proses pembentukan karakter siswa guru akidah akhlak di MTs Al Mujahiddin 1 Samarinda menggunakan 4 strategi utama yaitu keteladanan, pembiasaan, pendampingan serta pengawasan. Kendala atau hambatan yang muncul dalam pembentukan karakter siswa ialah masih ada beberapa siswa siswi yang tidak disiplin serta acuh pada program kegiatan yang diadakan guru untuk membentuk karakter siswa. | en_US |