Show simple item record

dc.contributor.authorUlinnuha, Sabila
dc.date.accessioned2022-08-08T02:29:46Z
dc.date.available2022-08-08T02:29:46Z
dc.date.issued2022-05-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1543
dc.description.abstractABSTRAK Sabila Ulinnuha, 2022. “Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Ibu Rumah Tangga di Masjid Jami’ Nurul Muhajirin Desa Mulawarman Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Skripsi ini ditulis dibawah bimbingan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing I dan Abdul Basith, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis akan metode tilawati yang digunakan dalam menarik perhatian masyarakat disamping mengisi waktu luang untuk mengikuti pembelajaran Al Qur’an. Metode ini menawarkan keunggulannya dalam proses pembelajaran dan dengan hasil yang didapat nantinya, mulai dari pemahaman makharijul ḥuruf, ṣifatul ḥuruf, gharibmusykilat, sampai pemahaman hokum tajwid. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al Qur’an pada ibu rumah tangga di masjid Jami’ Nurul Muhajirin desa Mulawarman Tenggarong Seberang. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al Qur’an pada ibu rumah tangga di masjid Jami’ Nurul Muhajirin desa Mulawarman Tenggarong Seberang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, mengambil lokasi penelitian di masjid jami’ Nurul Muhajirin desa Mulawarman Tenggarong Seberang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan adalah direktur dan pengurus Tilawati Education Center (TEC) Mulawarman, pendidik dan peserta didik. Langkah dalam menganalisis data diantaranya pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil perolehan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al Qur’an pada ibu rumah tangga di Masjid jami’ Nurul Muhajirin desa Mulawarman Tenggarong Seberang adalah: 1. Penerapan metode tilawati melalui pendekatan klasikal, yaitu pendidik membaca peserta didik menirukan dan membaca bersama-sama. 2. Penerapan metode tilawati melalui pendekatan individual, yaitu peserta didik membaca secara bergiliran setiap baris. Dalam penerapannya, ada hal yang belum terpenuhi seperti penggunaan buku prestasi dan buku materi hafalan, serta target waktu Al Qur’an sehingga belum sampai khatam. Meski demikian, target waktu jilid tetap sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tilawati pusat. Metode tilawati ini sangat cocok untuk diajarkan kepada ibu rumah tangga dengan sistem bertahap (pelan-pelan). Sehingga penerapan metode tilawati oleh lembaga Tilawati Education Center (TEC) Mulawarman dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada ibu rumah tangga desa Mulawarman.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Tilawati, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Ibu Rumah Tanggaen_US
dc.titlePenerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Ibu Rumah Tangga di Masjid Jami’ Nurul Muhajirin Desa Mulawarman Tenggarong Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record