Show simple item record

dc.contributor.authorTio Sardi, Muhammad Nur
dc.date.accessioned2022-08-11T00:06:56Z
dc.date.available2022-08-11T00:06:56Z
dc.date.issued2022-03-01
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1566
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Nur Tio Sardi. “Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau” 2021. Skripsi, program studi pendidikan agama islam (PAI) Jurusan Pendidikan Agama Islam fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris(UINSI) SAMARINDA, penelitian ini dibawah bimbinngan Bapak Gianto, S. IPI, M.Pi sebagai pembimbing I dan Bapak Fathur Rahman, M.Si sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak sebab orang tua mempunyai andil besar dalam pendidikan anaknya, salah satu factor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan seorang anak ialah orang tua, sebab orang tua mempunyai pengaruh yang kuat terhadap anaknya dan factor penentu pembelajaran dilingkungan keluarga utamanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada pengaruh pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau sebanyak 60 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 60 orang dengan teknik sampling total. Data dikumpulkan dengan Observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bentuk pengawasan yang diberikan orang tua terhadap bidang studi Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau yaitu perhatian terhadap kesehatan anak, pengawasan belajar, penciptaan suasana belajar yang nyaman, pemenuhan kebutuhan belajar, pemberian bimbingan belajar, pemberian penghargaan, dan pemberian hukuman. Pengawasan orang tua yang diberikan pada siswa paling tinggi diperoleh dalam bentuk pengawasan dalam belajar dengan persentase 16,93%. (2) prestasi belajar pada bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau mayoritas berada pada kategori sedang dengan persentase 70%, dan (3) berdasarkan penghitungan regresi linier sederhana diperoleh nilai F hitung > F tabel yaitu 4,129 > 4,00 dengan nilai signifikansi 0,047 > 0,05. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh yang positif pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahau. Pengawasan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 6,65% sedangkan sisanya ditentukan oleh factor internal dan factor eksternal lain yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPengawasan, Orang Tua, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Desa Wanasari Kecamatan Muara Wahauen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record