Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatan Mutu Akademik di SDIT As Salam Tahun Ajaran 2019/2020
Abstract
ABSTRAK
Ani Rahmawati, Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatan Mutu Akademik di SDIT As Salam Tahun Ajaran 2019/2020. 2020. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Dr. Eka Mahmu, M.Ag selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si Selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah tidak semua sekolah memiliki karakteristik yang sama, padahal setiap sekolah memiliki hak yang sama. Dengan menggunakan metode sentralistik akan menyulitkan sekolah untuk berkembang, kemudian munculah gagasa untuk mendesentralisasi pendidikan di Indonesia. salah satu modelnya adalah Manajemen Berbasis Sekolah. SDIT As Salam adalah sekolah yang sudah menerapkan MBS. Sekolah ini sudah berjalan sepuluh tahun dan memiliki peminat yang besar di kecamatan Palaran. SDIT As Salam membangun karakter peserta didik dan orang tua peserta didik (paranting). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah terutama pada bidang akademik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informas penelitian ini yaitu, kepala sekolah, koordinator kurikulum, koordinator kesiswaan, guru dan bendahara. Data yang diperoleh menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian dan pembahasan tentang Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam meningkakan mutu akademik di SDIT As Salam Samarinda yaitu: (1) manajemen berbasis sekolah di SDIT As Salam sudah baik, dalam tahap pelaksanaan warga sekolah melakukan penyususnan program sekolah yang disusun dalam rapat kerja tahunan dan mengadakan evaluasi tahunan dan mingguan. (2) manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu akademik siswa pada tahun ajaran 2019/2020 megalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun kenaikan ini belum mencapai target yang diharapkan oleh SDIT As Salam. (3) terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menjalan kan MBS. Faktor penghambat yaitu, Proses pelaksanaan MBS mengalami kesulitan untuk merealisasikan program, Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dibebani dengan tugas tambahan, Modal pembiayaan terbatas dan tidak sebanding dengan kebutuhan sekolah, Kemampuan peserta didik yang berbeda dan terdapat beberapa pserta didik yang memiliki perilaku yang hyperaktif, Kebutuhan sarana dan prasarana belum terpenuhi sepenuhnya. dan munculnya pandemi covid 19. Sedangkan faktor pendukung yaitu,Kepala sekolah sifat memiliki kepemimpinan, Guru kelas dan guru mata pelajaran hampir semua memenuhi klasifikasi akademik, Pembuatan rencana kerja berdasarkan keputusan dan hasil musyawarah bersama, Peran serta masyarakat, orang tua dan komite dalam kegiatan sekolah, Pendapatan pengalokasian dan operasional sekolah transparan, Pelatihan bagi tenaga pendidikan dan pelatihan untuk orang tua, Menerapkan kebiasan 5SD , dan Membiasakan seluruh civitas untuk sholat sunah dan muroja’ah sebelum aktivitas pembelajaran di mulai.