Show simple item record

dc.contributor.authorHumaira, Ahrada
dc.date.accessioned2022-08-18T01:54:35Z
dc.date.available2022-08-18T01:54:35Z
dc.date.issued2022-07-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1596
dc.description.abstractABSTRAK Ahrada Humaira, "Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 14 Samarinda”, 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag. dan Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd Latar belakang dari penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional memiliki peran yaitu kecerdasan emosional yang tinggi sangat dibutuhkan oleh generasi, dengan kecerdasan emosional maksinal. Alasan peneliti memilih penelitian ini karena Ingin mengatahui apakah Guru PAI bisa menjalankan peran nya dalam mengembangkan keceerdasan emosiaonal di siswa. Karena bukan IQ saja yang utama tetapi kecerdasan emosional sangat berpenagruh dalam keberhasilan seseorang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lebih luas dalam peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yakni kepala sekolah, guru PAI yang berjumlah 2 orang dan siswa SMK Negeri 14 Samarinda Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji kebasahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil pembahasan penelitian ini menjelaskan pentingya peran guru di dalam mengajar di dalam mengajar juga terdapat peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan juga upaya guru dalam mengembangkan kemampuan mengenali emosi, mengontrol emosi, mengenali emosi orang lain (empati), memotivasi diri, dan juga menjalin hubungan dengan orang lain Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwasanya guru pendidikan agama Islam memiliki peran dalam mengembangan kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 14 Samarinda. ialah memberikaan pelatihan, membina hubungan, sehingga siswa mampu mengendalikan emosinya dengan cara yang baik. Dan juga Guru pendidikan agama Islam sudah memenuhi peran sebagai guru yaitu sebagai Demontrasi (penggambaran). Guru mampu mengolala kelas, guru sebagai mediator dan fasilitator, dan guru sebagai Evaluator.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional Siswaen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 14 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record