Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Akhlak Madzmumah Siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Nur Farida, 2022. “Pengaruh Aplikasi TikTok Terhadap Akhlak Madzmumah Siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Darwis, M.Si dan Fathur Rahman, M.Si
Penggunaan Aplikasi TikTok pada siswa/I MTs darul Ihsan Samarinda. Dalam penggunaan Aplikasi TikTok ini bayak siswa/I yang memainkan aplikasi dengan secara sembunyi-sembunyi karena merasa takut dan malu. Aplikasi TikTok merupakan bagian aplikasi yang memberikan efek spesial, unik dan menarik yang bisa digunakan oleh para pengguna aplikasi ini dengan mudah untuk membuat video pendek yang keren dan bisa menarik perhatian banyak orang yang menontonnya. Ketika dinyatakan bahwa pengguna aplikasi TikTok bagian dari akhlak madzmumah maka timbul pertanyaan Apakah aplikasi TikTok berpengaruh terhadap akhlak mazmumah siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi TikTok terhadap akhlak madzmumah siswa MTs Darul Ihsan Samarinda.
Penelitian ini juga menggunakan penelitian kuantitatif yang mana menggunakan teknik Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak dalam keseluruhan siswa/I MTs darul Ihsan Samarinda dengan kriteria yang menggunakan dan aktif menggunakan aplikasi TikTok. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa/I MTs Darul Ihsan Samarinda. Dengan instrumen penelitian angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana memperoleh hasil Fhitung 33.101 > 3.94 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian diketahui bahwa terdapat pengaruh aplikasi TikTok terhadap akhlak madzmumah siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda. Adapun nilai pengaruh R sebesar 0,502 dan dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,252 yang berarti bahwa terdapat pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y).
Setelah melakukan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi TikTok dapat memberikan efek yang positif kepada akhlak madzmumah siswa. Sehingga diperlukannya pengoptimalan kembali pengguna aplikasi TikTok agar siswa/I dapat terus menggunakan aplikasi TikTok dengan baik dan secara positif.