dc.description.abstract | ABSTRAK
Mila Safitri, 2022. “Pengaruh Reward Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah danIlmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si, selaku pembimbing I dan Widya Noviana Noor, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang kurang percaya diri dalam pelajaran Akidah Akhlak. Pada pembelajaran Akidah Akhlak banyak makna yang hampir sama, hal ini mambuat siswa bingung sehingga sebagian di alami oleh siswa MTs Darul Ihsan yaitu sikap kurang percaya diri dikarenakan rasa malu, minder, sungkan, dan takut salah saat menjawab atau mengeluarkan pendapat pada pembelajaran berlangsung. Pada saat pembelajaran tersebut berlangsung tidak banyak siswa yang hanya mengeluarkan suara. Dengan ini, guru mendorong siswa yang memiliki percaya diri untuk turut berpartisipasi adalah membantu mereka membangun suatu persediaan minimal pertukaran tanggapan dan disertai pemberian reward guna menstimulus siswa.
Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 182 siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda. Kemudian peneliti menentukan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 65 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara reward terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Ihsan Samarinda. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi yaitu sebesar 0,582 dan tergolong cukup kuat yang diuji menggunakan aplikasi SPSS versi 26 serta diperoleh pula dengan nilai kosfesiensi determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,339. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pemberian reward memiliki kontribusi pengaruh sebesar 33,9% terhadap kepercayaan diri pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Ihsan Samarinda dan sisanya sebesar 66,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, maka hipotesa dalam penelitian ini terbukti atau Ha dalam penelitian ini diterima. | en_US |