dc.description.abstract | ABSTRAK
Kartini Apriani Putri, 2022, “Implementasi Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Tenggarong”. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bombing oleh Dr. Zamroni, M.Pd sebagaii dosen pembimbing I dan Rumainur, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan menggunakan pendekatan saintifik, pendekatan saintifik sangatlah penting dalam pencapaian prestasi seorang siswa. Dalam pelaksanaanya ada 5 kegiatan yang harus diperhatikan yaitu mengamati, menanya, mengasosiasikan, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Namun peneliti menemukan ada yang kurang, pada pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Tenggarong seperti pada tahap menalar, mengeksplorasi, dan mengkomunikasi. Dikarenakan pada 3 tahap tersebut siswa masih mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dan cenderung membosankan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Tenggarong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Tenggarong.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif (field research). Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMPN 4 Tenggarong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah : kondensasi data, paparan data, dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Tenggarong. Guru pendidikan agama islam mampu melakukan proses pada kegiatan 5M sesuai dengan RPP, adapun yang tidak sesuai seperti pada tahap mengamati yang didalam RPP. Seperti menampilkan video dan slide guru pendidikan agama islam belum mampu memenuhi standar RPP yang ada. | en_US |