Show simple item record

dc.contributor.authorAgustina, Mutia
dc.date.accessioned2022-08-22T07:36:14Z
dc.date.available2022-08-22T07:36:14Z
dc.date.issued2022-05-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1618
dc.description.abstractABSTRAK Mutia Agustina, 2022. “Peran Guru dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Moderasi Beragama di SDN 026 Tenggarong Seberang”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zamroni, M.Pd. sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Dr. Ahmad Muadin, M.Pd. sebagai dosen pembimbing II. Perbedaan adalah fitrah Negara dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Namun, kesalahpahaman dan konflik perbedaan juga belum bisa terhindarkan. Moderasi beragama yang tengah menjadi isu nasional perlu diinternalisasikan dalam pendidikan sebagaimana yang tertuang pada Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan yang menyebutkan bahwa standar kompetensi kelulusan satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan dimana siswa mampu menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memotret peran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama di SDN 026 Tenggarong Seberang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah dan guru di SDN 026 Tenggarong Seberang. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis interaktif Miles & Huberman, yakni pengumpulan data, kondensasi data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru berperan sebagai petugas perantara yang memberikan pendidikan kepada siswa agar lebih memahami kondisi lingkungan sekitar serta mengetahui cara bersikap ketika menghadapi perbedaan. Berikut beberapa wujud peranan guru sebagai transmitter di SDN 026 Tenggarong Seberang dalam menginternalisasikan moderasi beragama. Pertama, Guru aktif mencari informasi tentang moderasi beragama dan menggunakan indikator toleransi sebagai materi utama untuk menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran; dan Kedua, dalam pelaksanaannya guru menggunakan metode demonstrasi. Metode ini diaplikasikan oleh guru dengan memberikan cerita menarik dan media interaktif seperti animasi tentang moderasi beragama.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Guru, Nilai-nilai, Moderasi Beragamaen_US
dc.titlePeran Guru dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Moderasi Beragama di SDN 026 Tenggarong Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record