Show simple item record

dc.contributor.authorPratiwi, Nur Azizah
dc.date.accessioned2022-08-23T01:14:46Z
dc.date.available2022-08-23T01:14:46Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1619
dc.description.abstractABSTRAK Nur Azizah Pratiwi, 2022. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Fathul Jannah, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Abdul Razak, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yakni kurangnya kecerdasan emosional yang ada pada diri siswa-siswi disekolah yang menyebabkan kurangnya rasa empati dan motivasi dalam diri, serta kurangnya emosi dalam mengenali dan memahami apa yang mereka rasakan dan inginkan terutama dalam proses pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP N 34 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif atau pendekatan yang menggunakan angka dan statistik, populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang ada di SMP N 34 Samarinda dengan jumlah 550 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa. Dalam menentukan sampel peneliti menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan Teknik keabsahan data menggunakan Uji Validitas dan Uji reliabilitas serta. Teknik analisis data menggunakan Uji Prasyarat yakni Uji Normalitas dan Uji Linieritas serta Uji Korelasi Product Moment, dan Uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 34 Samarinda diperoleh korelasi (r) antara kecerdasan emosional (X) dan motivasi belajar (Y) dengan r hitung sebesar 0,513, hasil rhitung ≥ rtabel, maka dinyatakan korelasi antara variable X dan Y memiliki pengaruh yang kuat. Kemudian, dilihat dari hasil uji t nilai thitung = 5,443 ≥ ttabel = 1.663 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar PAI di SMP N 34 Samarinda. Yang mana dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, Kecerdasan Emosional mempengaruhi motivasi belajar PAI siswa sebesar 26,3% dan sisanya 73,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record