Show simple item record

dc.contributor.authorRasmah, Rasmah
dc.date.accessioned2022-08-23T02:19:59Z
dc.date.available2022-08-23T02:19:59Z
dc.date.issued2022-06-02
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1620
dc.description.abstractABSTRAK Rasmah, 2022. “Strategi Pembeljaran Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Munawwar Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag sebagai pembimbing I dan Ustadz H. Marajo, Lc., M.Pd.I sebagai pembimbing II. Latar Belakang dari penelitian ini yaitu Masi banyak guru yang menggunakan metode membaca Al-Qur’an cenderung konvensial, yakni dengan nada lurus yang terkesan menonton sehingga berdampak pada pembelajaran AlQur’an yang kurang diminati oleh peserta didik, bahkan tidak sedikit para peserta didik yang drof out sebelum tartil dan khatam membaca Al-Quran, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Rentetan peristiwa tersebut, tentu menjadi pokok permasalahan yang sangat menjadi kepedulian dalam pembelajaran Al-Qur’an, maka dari itu, para ahli sepakat menerbitkan beberapa metode-metode yang akan membantu para pendidik dalam memecahkan masalah tersebut, salah satunya metode tilawati yang banyak digunakan di sekolah formal maupun non formal yang dilengkapi straetgi pembelajaran Al-Qur’an yaitu pendekatan kasikal dan individual serta setiap dalam membacanya menggunakan nada rost. Akan tetapi, pelaksanaan dari pendekatan tersebut, tidak dapat dilaksanakan dengan optimal, hal ini disebabkan oleh minimnya sarana dan prasarana disana. Hal ini tentunya sangat berpengaruh, karena sarana dan prasarana merupakan salah satu penunjang dari kesuksesan pelaksanaan strategi yang akan dilaksanakan pada program metode tilawati. Berdasarkan latar belakang inilah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Munawwar Samarinda yang mana kepala Taman Pendiidkan Qur’an (TPQ) Al-Munawwar Samarinda merupakan penanggung jawab metode tilawati di Samarinda Kalimantan Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode tilawati di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) AlMunawwar Samarinda. Simpulan penelitian ini yaitu, Strategi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Tilawati belum dilaksanakan secara optimal, akan tetapi hal tersebut dianggap Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Munawwar bukanlah masalah besar karena pada dasarnya metode ini lebih menekan pada kualitas bacaan setelah khatam Al-Qur’an. Adapun pembagian waktu dibagi 5, dengan pelaksanaan 3 tahap yakni, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dengan menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan klasikal peraga yaitu AlQur’an masing-masing santri dengan melalui 3 teknik dan individual atau baca simak serta setiap dalam membacanya menggunakan nada rost.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pembeljaran Al-Qur’an, Metode Tilawatien_US
dc.titleStrategi Pembeljaran Al-Qur’an Melalui Metode Tilawati Di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Munawwar Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record