Pengaruh Penerapan Model discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI di MTs Labbaika Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Aqmarina Nurdiana, 2022 “Pengaruh Penerapan Model discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI di MTs Labbaika Samarinda”.Skripsi jurusan Pendidikan Islam, program studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfirah M. Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru di MTs Labbaika yang menggunakan model pembelajaran discovery learning namun dalam penggunaanya kelas yang digunakan cukup besar, terdapat juga karakteristik anak yang berbeda beda sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Model Discovery Leraning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SKI di MTs Labbaika samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat besar kecilnya pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar di MTs Labbaika Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sample penelitian ini berjumlah 92 peserta didik namun angket yang kembali hanya berjumlah 87 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, soal dan dokumentasi. Teknik uji coba instumen yaitu dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi produk moment uji koefisien determinan sera uji hipotesis.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka terdapat pengaruh positif antara model discovery learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI di MTs Labbaika Samarinda sebesar 0,678 bila di lihat dari table interpretasi r berada di anatar 0,40 – 0, 70 berarti ada pada kategori sedang, sedangkan koefisien determinan sebesar 0,460 atau 46 % dan sisanya 54% di tentukan oleh variabel lain yang tidak di ketahui. Dan pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansinya dengan menggunakan rumus uji t dan hasilnaya 8,523 > 1,663 artinya hipotesis yang telah dikemukakan terdapat pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Labbaika Samarinda. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak