Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Selama Pertemuan Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Aliyah Nuruddin Samboja
Abstract
ABSTRAK
Didi Darmawan Azmi, 2022. “Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Selama Pertemuan Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Aliyah Nuruddin Samboja”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.Si dan Fathur Rahman M.Si
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan baru dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini adalah perubahan sistem pembelajaran di seluruh sekolah. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka atau luring, berubah menjadi pembelajaran secara daring atau online, kemudian sistem pembelajaran dikembangkan pelaksanaannya, yaitu secara tatap muka terbatas (PTM Terbatas). Perubahan sistem pembelajaran ini mempengaruhi motivasi belajar siswa. Tingginya motivasi belajar pada siswa juga dipengaruhi oleh fasilitas belajar atau sarana belajar. Kelengkapan fasilitas belajar menjadi hal yang amat penting, karena akan mempengaruhi kelancaran siswa dalam belajar. Motivasi belajar pada siswa dipengaruhi oleh dukungan orang tua. Individu yang mendapatkan dukungan sosial yang positif dari orang tuanya akan lebih termotivasi untuk belajar, karena mereka memiliki keyakinan bahwa dirinya dicintai, dihargai dan diperhatikan. Untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh fasilitas belajar dan dukungan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam selama pertemuan tatap muka terbatas di Madrasah Aliyah Nuruddin Samboja.
Jenis dari penelitian ini adalah menggunakan penelitian jenis kuantitatif dengan metode survey dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Yaitu pengambilan anggota sampel dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi Sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 siswa kelas XI dan XII MA Nuruddin Samboja. Dengan instrumen penelitian yakni angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis uji T dan Uji F.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji T dan uji F terdapat pengaruh antara fasilitas belajar (X1) dan dukungan orang tua (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y) terbukti memiliki pengaruh yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai nilai signifikansi untuk variabel X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,05 dan nilai Fhitung 35,553 lebih besar dari pada Ftabel 3,08. Perhitungan koefisien determinasi (R Square) didapatkan nilai fasilitas belajar (X1) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0, 229 yang artinya pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 22,9%. Dan didapatkan nilai dukungan orangtua (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0, 383 yang artinya pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 38,3%.didapatkan nilai sebesar 0, 388 yang artinya pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y sebesar 38,8%.